Antisipasi Demo Omnibus Law, Polisi Rekayasa Lalu Lintas di Sekitar Istana

Catatan ICW: MA Potong Hukuman 8 Koruptor Sepanjang 2020
Sidang Putusan Etik Pegawai KPK soal OTT Pejabat UNJ Digelar Hari Ini

Antisipasi Demo Omnibus Law, Polisi Rekayasa Lalu Lintas di Sekitar Istana

Jakarta – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya merekayasa lalu lintas di sekitar Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, pagi ini. Rekayasa lalu lintas dipersiapkan untuk mengantisipasi demo penolakan omnibus law UU Cipta Kerja.
“Rekayasa lalu lintas sifatnya situasional,” ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo dalam keterangan kepada wartawan, Senin (12/10/2020).

Sambodo mengatakan, pengalihan arus lalu lintas diberlakukan secara situasional. Lalu lintas di sekitar istana akan dialihkan jika terjadi kepadatan akibat penumpukan massa.

Meski begitu, pihak kepolisian belum menerima pemberitahuan terkait rencana aksi hari ini. Polisi sendiri mengimbau massa tidak melakukan unjuk rasa untuk menghindari kerumunan yang berpotensi menularkan virus Corona (Covid-19).

Berikut rekayasa pengalihan arus sekitar Istana Negara:

  1. Arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya yang akan menuju Jl Veteran III diluruskan ke TL Harmoni.
  2. Arus lalu lintas dari Jalan Medan Merdeka Timur yang akan menuju ke Jalan Medan Merdeka Utara dibelokkan ke kanan ke Jalan Perwira.
  3. Arus lalu lintas dari Jl Ridwan Rais yang akan menuju ke Jalan Medan Merdeka Selatan diluruskan ke Jalan Medan Merdeka Timur.
  4. Arus lalu lintas dari Jl MH Thamrin yang akan menuju ke Bundaran Patung Kuda dibelokkan ke kiri atau ke kanan ke Jl Kebon Sirih.
  5. Arus lalu lintas dari Jl Abdul Muis yang akan belok kiri ke Jl Budi Kemuliaan diluruskan ke Jl Fachrudin dan arus lalin dari Jl Fachrudin yang akan belok kanan ke Jl Budi Kemuliaan diluruskan ke Jl Abdul Muis
  6. Arus lalu lintas dari Jalan Tanah Abang II yang akan lurus ke Jl Museum dibelokkan ke kiri maupun ke kanan, arus lalu lintas dari Jl Majapahit yang akan belok ke kiri ke Jl Museum diluruskan ke Jl Abdul Muis dan arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis yang akan belok kanan ke Jalan Museum diluruskan ke Jl Majapahit.
  7. Arus lalu lintas dari l Hayam Wuruk yang akan lurus ke Jl Majapahit dibelokkan ke kiri ke Jl Juanda dan arus lalu lintas dari Jl Veteran Raya yang akan belok ke kiri ke Jl Majapahit diluruskan ke Jl Suryo Pranoto maupun dibelokkan ke kanan Jl Gajah Mada.