HRS Tak Penuhi Panggilan Polisi, Pimpinan DPR: Semua Harus Patuh Proses Hukum

KPK Gandeng PPATK Telusuri Aliran Uang Kasus Edhy Prabowo
Jejak Rasuah hingga Penahanan 2 Tersangka Korupsi Bakamla

HRS Tak Penuhi Panggilan Polisi, Pimpinan DPR: Semua Harus Patuh Proses Hukum

Jakarta, Habib Rizieq Syihab (HRS) tidak datang memenuhi panggilan polisi untuk dimintai keterangan terkait kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat. Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin meminta semua orang mematuhi proses hukum.
“Semua orang sebagai subjek hukum, di mata hukum itu sama. Dan asas hukum itu equality before the law. Jadi silakan semua pihak menghormati dan mematuhi proses hukum yang berjalan,” kata Azis di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (3/12/2020)

Azis mengatakan polisi sedang melakukan penyelidikan dalam upaya mencari fakta hukum. Sebagai Pimpinan DPR RI, Azis juga menghormati proses yang sedang berjalan saat ini.

“Jadi proses itu kan, proses pengumpulan, apa, fakta-fakta hukum yang dilakukan dalam proses penyelidikan. Tentu parlemen menghormati proses yang berjalan dalam hal ini pihak-pihak tertentu tentu harus mengikuti prosedur dan mekanisme aturan hukum yang berlaku dalam hukum acara,” ucapnya.

Selain itu, Azis juga mengingatkan prinsip persamaan di mata hukum. Dia kembali menegaskan, semua pihak harus menghormati proses hukum yang berjalan.
“Kami mengharapkan di mata hukum itu, persamaan di mata hukum itu berlaku, equality before the law. Tentu semua pihak harus menghormati, mematuhi proses hukum yang berjalan,” kata Azis.

Diberitakan sebelumnya, Habib Rizieq tidak memenuhi panggilan Polda Metro Jaya (1/12). Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan pihaknya akan melayangkan panggilan kedua.

“Menjadi pertanyaan kalau sampai hari ini tidak datang, apa yang dilakukan penyidik? Kita tunggu sampai malam ini. Kalau tidak ada malam ini kita layangkan lagi surat panggilan kedua terhadap MRS dan MHA,” kata Yusri kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (1/12) siang.

Pada panggilan kedua ini, Habib Rizieq Shihab diminta hadir untuk menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya pada Kamis (3/12) lusa.

Sementara itu, Persaudaraan Alumni (PA) 212 menggelar dialog nasional 100 ulama dan tokoh secara virtual sebagai pengganti reuni 212 hari ini. Ketua Umum PA 212 Slamet Maarif memastikan Habib Rizieq hadir dalam acara tersebut.

“Insyaallah (Habib Rizieq) hadir. Kan beliau narasumber utama,” kata Slamet, Selasa (1/12).

Selain itu, Front Pembela Islam (FPI) menyebut Habib Rizieq tengah beristirahat. Karenanya tidak bisa memenuhi panggilan polisi.

“Beliau sedang istirahat setelah kemarin kan juga baru keluar dari RS 28 November 2020 lalu,” ujar Wakil Sekretaris Umum FPI Aziz Yanuar saat dihubungi, Selasa (1/12).

Aziz mengatakan, belum mengetahui apakah nantinya Habib Rizieq akan memenuhi panggilan ke dua. Menurutnya pihak kepolisian memahami dan mengerti kondisi Habib Rizieq.

“Iya (belum tau), inshaAllah pihak kepolisian bijaksana dan humanis,” kata Aziz.

“Alhamdulillah pihak kepolisian terutama penyidik sangat mengerti dan memahami, sehingga kami sangat berterima kasih dan mengapresiasi pihak mereka dalam hal ini,” sambungnya.