KPK Terima Dokumen Perkara Djoko Tjandra dari Kejagung dan Bareskrim

Promosikan UU Cipta Kerja di Forum APEC, Jokowi Janjikan Iklim Investasi Berkualitas
Ini Alasan Pimpinan KPK Bentuk Dua Deputi Baru

KPK Terima Dokumen Perkara Djoko Tjandra dari Kejagung dan Bareskrim

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) telah memperoleh berkas penangan kasus Djoko Tjandra yang diminta KPK dari Kejaksaan Agung dan Badan Reserse Kriminal Polri. “Sebagai bagian dari pelaksanaan tugas supervisi, saat ini KPK telah menerima berkas dokumen yang diminta baik kepada Kejaksaan maupun Kepolisian,” kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, Kamis (19/11/2020). Ali mengatakan, KPK selanjutnya akan meneliti dan menelaah dokumen-dokumen tersebut. “Perkembangannya akan kami informasikan lebih lanjut,” ujar Ali.

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango menyebut KPK sudah dua kali meminta dokumen-dokumen tersebut ke Kejaksaan Agung dan Bareskrim Polri namun tak kunjung diberikan. Nawawi menuturkan, KPK membutuhkan dokumen tersebut untuk ditelaah dengan dokumen-dokumen laporan dari Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI). Ia mengatakan, lewat penelaahan tersebut, KPK dapat membuka peluang untuk mengusut kasus korupsi yang belum tersentuh oleh Bareskrim dan Kejagung. “Sehingga dapat dipertimbangkan kemungkinan KPK melakukan penyelidikan baru terhadap klaster-klaster yang belum tersentuh,” ujar Nawawi, Kamis (12/11/2020).

Seperti diketahui, kasus korupsi terkait Djoko Tjandra sejauh baru ditangani oleh Bareskrim Polri dan Kejaksaan Agung. Sejauh ini, KPK hanya melakukan supervisi terhadap penanganan perkara yang dilakukan Bareskrim dan Kejagung. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk ikut mengusut kasus yang belum tersentuh.