Mahfud MD Tegaskan Tak Ada Pelanggaran dalam Penjemputan Rizieq Shihab | Kesaksian Laskar FPI yang Berada di Rombongan Rizieq Shihab

Polisi Tangkap Belasan Bocah di Tangerang Mau Ikut Aksi 1812
Periksa PPK dan Pihak Swasta, KPK Dalami Program Bansos di Kemensos

Mahfud MD Tegaskan Tak Ada Pelanggaran dalam Penjemputan Rizieq Shihab | Kesaksian Laskar FPI yang Berada di Rombongan Rizieq Shihab

Jakarta, Perdebatan antara Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tentang kerumunan massa pendukung Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab masih menarik perhatian. Artikel yang berisi tentang tanggapan Mahfud bahwa tak ada pelanggaran dalam penjemputan Rizieq Shihab di Bandara Soekarno-Hatta pun menjadi berita terpopuler. Dalam artikel tersebut Mahfud menyatakan polisi mengawal massa yang menjemput Rizieq dengan baik dan memastikan mereka pulang ke rumah dengan selamat.

Selain itu, artikel tentang kesaksian anggota laskar FPI yang berada dalam rombongan Rizieq Shihab dalam peristiwa penembakan enam anggota FPI di Jalan Tol Jakarta-Cikampek juga menarik perhatian. Kesaksian tersebut diceritakannya dalam tayangan Mata Najwa, Kamis (17/12/2020).

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menegaskan, tidak ada pelanggaran saat penjemputan Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab dari Arab Saudi di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, beberapa waktu lalu. ” Jadi ndak (enggak) ada sebetulnya pelanggaran sebenarnya dan tertib, diantar oleh polisi, jam empat sore sampai di rumah,” ujar Mahfud selepas menghadiri agenda “Penyerahan Hasil Evaluasi dan Rekomendasi Kebijakan Kementerian/Lembaga di Bidang Kesatuan Bangsa”, Rabu (16/12/2020). Pernyataan ini dilontarkan Mahfud guna merespons statement Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang meminta dirinya bertanggung jawab atas kekisruhan Rizieq yang dipicu pengumumannya.

Seorang anggota laskar Front Pembela Islam ( FPI), sebut saja X (bukan nama sebenarnya), yang ikut dalam rombongan mengawal Rizieq Shihab di Tol Jakarta-Cikampek menceritakan kronologi bentrok dengan polisi pada Senin (7/12/2020) dini hari. Kesaksian tersebut diceritakannya dalam tayang Mata Najwa, Kamis (17/12/2020). Kompas.com telah mendapatkan izin Najwa Shihab untuk mengutip tayangan tersebut. Pada hari itu, menurut X, ia dan anggota laskar lainnya ditugaskan untuk mengawal Rizieq yang memiliki jadwal pengajian di suatu tempat. Informasi dari temannya, sudah ada tiga mobil yang mencurigakan berada di lokasi titik awal keberangkatan Rizieq di Sentul. Saat rombongan Rizieq dan laskar pengawalnya keluar dari kompleks Sentul, mobil yang dicurigai mengikuti.