Prajurit TNI yang Gugur Ditembak KKB Akan Dimakamkan di Kebumen

Miris Dana Desa Intan Jaya ‘Disunat’ KKB untuk Beli Senjata
Fakta-fakta Hilangnya Uang Atlet E-Sport Winda Earl di Maybank

Prajurit TNI yang Gugur Ditembak KKB Akan Dimakamkan di Kebumen

Intan Jaya – Seorang prajurit TNI bernama Pratu Firdaus gugur dalam kontak tembak antara aparat dan kelompok sipil bersenjata (KKB) di Kabupaten Intan Jaya, Papua. Jasad Firdaus akan dimakamkan di Kebumen, Jawa Tengah.
“Sudah dievakuasi dan akan dimakamkan di kampung halamannya di Kebumen, Jawa Tengah,” ujar Asops Kogabwilhan III Brigjen Suswatyo, Sabtu (7/11/2020).

Saat ini jasad Firdaus tengah berada di Timika sebelum diterbangkan ke Kebumen.

Kapen Kogabwilhan III Kolonel Czi IGN Suriastawa mengatakan kontak tembak terjadi di Kampung Titigi, Distrik Sugapa, Intan Jaya, Jumat (6/11). Pratu Firdaus selaku personel Satgas Yonif R 400/BR itu ditembak KKB saat sedang berpatroli untuk menjamin keamanan warga. Satu prajurit lainnya mengalami luka.

Tewasnya Pratu Firdaus menambah panjang daftar korban tewas di Intan Jaya akibat serangan KKB. Setidaknya dua prajurit TNI dan seorang warga sipil tewas akibat serangan KKB. Selain itu, ada warga sipil yang mengalami luka tembak.

“Bukan hanya prajurit TNI/Polri yang memang bertugas, warga sipil juga jadi sasaran kebiadaban KKB. Dan kemarin kita mendengar pernyataan Bupati Intan Jaya tentang kelakuan KKB yang suka mengambil Dana Desa. Selebaran permintaan dana kepada masyarakat juga beredar. Dan ini semua menunjukkan bahwa KKB dan pendukungnyalah akar masalah di Papua,” ungkap Suriastawa.