Jumlah Kasus Korupsi Indonesia Meroket di Tahun 2014

Venna Melinda: Karena Kartini, Wanita Bisa Jadi Agen Anti Korupsi
Krisis Rupiah dan Kejahatan Ekonomi : Belajar dari Kasus Korupsi BLBI

Jumlah Kasus Korupsi Indonesia Meroket di Tahun 2014

Jakarta, jokowinomics.com – Jumlah kasus korupsi Indonesia meningkat 12% di sepanjang tahun 2014, di tengah upaya keras pemerintah dalam memerangi dan memberantas korupsi, yang merupakan sebagai salah satu persoalan terbesar bangsa. Lembaga Indonesia Corruption Watch (ICW) mengatakan bahwa dari laporan kepolisian dan KPK, tercatat 629 kasus korupsi dengan berbagai jenis seperti suap, penyalahgunaan wewenang, penyalahgunaan dana serta pemalsuan data. Dari semua jenis kasus korupsi tersebut, terdapat lebih dari 1300 orang yang telah ditetapkan tersangka. Data tahun 2014 ini lebih banyak jika dibandingkan dengan jumlah kasus korupsi tahun 2013 sebanyak 560 kasus dengan 1271 orang tersangka.

Screenshot_4

“Hanya ada dua kemungkinan yaitu antara semakin baiknya kinerja KPK, atau memang terjadi peningkatan kasus korupsi, “demikian tegas Ade Irawan, dari lembaga ICW.

Diperkirakan sepanjang tahun 2014, sekitar Rp 5,3 triliun uang raib disikiat para koruptor dan yang paling dirugikan adalah warga negara Indonesia yang membayar pajak karena uang-uang itulah yang sebagian besar menjadi santapan “tikus-tikus pengerat” tersebut.

“Melihat fenomena ini, jelas korupsi masih merupakan problem terbesar negara ini,” tegas Irawan.

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa korupsi telah menggurita sampai baik di dalam pemerintahan maupun di sektor swasta Indonesia yang saat ini masih sebagai pasar ekonomi terbesar di Asia Tenggara.

ICW menggabungkan semua data dari tiga lembaga penegak hukum nasional –Kepolisian, KPK dan Kejaksaan-, serta laporan-laporan dari berbagai LSM dan juga yang terpenting adalah media. Menurut catatan lembaga antirasuah, jumlah uang yang dikembalikan seiring terbongkarnya sebuah kasus korupsi sampai bulan Agustus 2014 adalah Rp 2,8 triliun dari 16 kasus yang ditangani KPK ; Rp 67,7 miliar dari 72 kasus hasil penangkapan polisi dan Rp 792 miliar dari total 220 kasus yang ditangani oleh kejaksaan.
Presiden Joko Widodo telah menempatkan pemberantasan korupsi di dalam Nawa Cita kepemerintahannya. Ia dikenal sebagai figur yang bersih dari berbagai jeratan korupsi, meskipun belakangan ini mengalami ujian hebat akibat pencalonan Komjen Budi Gunawan sebagai Kapolri dimana yang bersangkutan telah ditetapkan sebagai tersangka korupsi.

 

Sumber : http://www.jokowinomics.com/2015/02/20/berita/ekonomi/jumlah-kasus-korupsi-indonesia-meroket-di-tahun-2014/