Kendarai Truk Sampah, Jokowi Bikin Kaget

Ditangkap KPK, rumah penyuap Kajari Lombok Tengah sepi

Kendarai Truk Sampah, Jokowi Bikin Kaget

Gubernur Jakarta Joko Widodo mengemudikan salah satu truk sampah milik Dinas Kebershan DKI. Aksinya itu merupakan simbolisasi diresmikannya operasional 92 truk sampah baru di Jakarta. | Fabian Januarius Kuwado

JAKARTA, KOMPAS.com — Acara peresmian tidak selalu berlangsung kaku jika dilakukan oleh Joko Widodo. Saat peresmian beroperasinya 92 truk sampah baru di Jakarta, Gubernur DKI Jakarta itu malah mengemudikan beberapa truk sampah tersebut.

Jokowi yang mengenakan kemeja putih berlengan panjang serta celana hitam datang ke lokasi peresmian, yakni di Lapangan Pulomas, Pulogadung, Jakarta Timur, sekitar pukul 13.45. Ia disambut Kepala Dinas Kebersihan DKI Unu Nurdin dan Wali Kota Jakarta Timur HR Krisdianto serta beberapa pejabat lainnya.

Seusai mendengar laporan pertanggungjawaban dari Unu, kemudian Jokowi meninjau truk-truk tersebut. Semula, Jokowi hanya memperlihatkan truk sampah yang berusia uzur.

“Nih, 30 tahun,” ujar Jokowi sambil menepuk badan mobil.

“Nih 25 tahun, lihat kondisinya kayak gimana,” ucapnya sambil tetap menepuk badan mobil selanjutnya.

“Nah, truk yang baru ada di sana,” ujar Jokowi sambil menunjuk deretan truk sampah berwarna oranye yang tampak masih mengilap.

Semula, di truk sampah yang baru, Jokowi hanya melihat-lihat dari luar. Namun, tak beberapa lama, Jokowi melipir ke pintu, membukanya, dan menaiki truk berukuran besar tersebut. Jokowi sempat membunyikan klakson panjang sehingga mengagetkan orang-orang yang berdiri di sekeliling truk tersebut.

Bruuumm…. Tanpa ragu, Jokowi pun melajukan truk sampah itu meski hanya berjalan pelan dan beberapa meter.

Jokowi kembali mengemudikan truk sampah baru yang berukuran sedang. Jokowi tampak senang dengan kedatangan truk sampah itu yang rencananya akan mengganti truk sampah yang telah uzur.

“Ini harus dirawat ya, dipelihara sama sopir-sopirnya,” ujarnya.

Pemprov DKI meremajakan truk-truk sampah yang telah uzur. Sebanyak 92 truk sampah baru didatangkan pada Desember 2013. Pembelian truk-truk ini menggunakan e-catalog oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP).

Adapun rincian 92 truk sampah tersebut yaitu 33 truk tipe R besar senilai Rp 910 juta, 20 truk tipe R kecil senilai Rp 542 juta, 24 arm roll kecil senilai Rp 526 juta, dan 15 arm roll besar senilai Rp 930 juta.

Ralat:

Redaksi telah meralat rincian jumlah dan nilai truk sampah pada paragraf terakhir.

Editor : Ana Shofiana Syatiri